Sunday, February 15, 2015

Manfaat dan Pengaruh Kesehatan dalam Berolahraga Basket


1. Menyehatkan dan menyegarkan badan

Yang pertama dari manfaat berolahraga basket yaitu menyehatkan dan menyegarkan badan.Ketka sedang berolahraga basket, otomatis tubuh akan membuang energi sisa selama beraktifitas berupa cairan keringat, kemudian diganti dengan energi baru. Energi baru tersebut berupa makanan dan minuman yang sehat, yang dikonsumsi setelah beberapa menit melakukan olahraga basket. Hal ini akan membuat tubuh terasa segar dan fit untuk memulai aktiftas baru.

2. Melatih daya pacu jantung

Ketika melakukan olahraga basket, pacu detak jantung akan semakin cepat dan berdetak normal kembali ketika istirahat. Hal ini baik bagi kesehatan tubuh karena peran jantung dalam tubuh mengedarkan darah ke semua tubuh. 

3. Melancarkan peredaran tubuh

Manfaat yang ketiga berhubungan dengan poin yang kedua. Saat daya kerja detak jantung yang baik, maka peredaran darah dalam tubuh pun akan baik. Hal ini mencegah berbagai macam masalah tubuh yang timbul, seperti pusing, stroke, keram, kesemutan, dan lain sebagainya.

4. Mempercepat pertumbuhan tubuh

Kegiatan olahraga basket, apapun bentuknya dengan catatan sesuai dengan kemampuannya, bereperan mempercepat pertumbuhan tubuh seperti tinggi badan dan bentuk otot tubuh 

5. Mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Saat berolahraga basket, otomatis tubuh membakar lemak dan kolesterol. Dengan pembakaran lemak dan kolesterol dalam tubuh, mengurangi risiko terkena penyakit jantung yang biasanya dialami pria dan wanita yang sudah berumur. Akan tetapi banyak kasus sekarang para remaja maupun baru beranjak dewasa yang sudah memiliki penyakit jantung. Untuk itu, disarankan berolahraga lah sejak dini.

6. Membakar Kalori

Kalori tubuh yang diperoleh dari berbagai sumber salah satunya adlah makanan memang harus diproses atau dibakar untuk dijadikan energi karena apabila kalori tidak diproses akan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh anda.

7. Membangun serta melatih koordinasi tubuh

Membangun koordinasi tubuh serta melatihnya pada awalnya adalah hal yang sulit karena tubuh belum seimbang atau balance, olahraga basket sangat membantu hal ini karena sangat bagus untuk siswa ataupun anak yang akan membangun keseimbangan saraf-saraf motoric pada tubuh.

8. Melatih Ketangkasan

Ketangkasan tubuh bias dilatih melalui olahraga ini karena olahraga basket akan mengajarkan kita untuk tangkas dalam melakukan berbagai gerakan yang lincah, aerobic dan natural yang bias dikombinasikan dengan berbagai gaya.

9. Menambah Tinggi Badan

Tinggi badan yang ideal adalah dambaan semua orang karena hal ini sangat mempengaruhi kepercayaan serta sifat pribadi seseorang apabila ada ditempat umum.Olahraga ini adalah yang paling baik untuk membantu untuk meraih tinggi badan yang diinginkan.

10. Menambah Daya Imimunitas Tubuh

Sistem ketahanan tubuh atau imunitas sangat berguna untuk mencegah bakteri dan virus yang bersifat patogen masuk atau menyerang tubuh yang sedang dalam keadaan yang lemah, oleh karena itu system imunitas harus dilatih dengan berolahraga salah satunya adalah olahraga basketball atau bola basket.

11. Meningkatkan Konsentrasi Belajar dan Bekerja

Konsentrasi sangat diperlukan dalam bekerja karena akan mempengaruhi hasil yang diperoleh setelah melalui proses yang panjang, oleh karena itu konsentrasi tubuh perlu dijaga dan ditingkatkan guna memperoleh hasil yang lebih baik.

12. Bola Basket Baik Untuk Keseluruhan Tubuh

Berlari, melompat dan menggiring bola yang melibatkan otot lurik dan dada sangat untuk membangun keseluruhan kesehatan tubuh.Selain itu, aktivitas melompat juga sangat baik untuk membangun otot abs kaki.

13. Cara lain untuk Menurunkan Berat Badan

Olahraga bola basket sangat luar biasa dalam memfasilitasi penurunan berat badan seseorang. Kondisi itu bias terjadi karena aktivitas permainan yang melibatkan dribbling, passing, melompat dan berlari itu membantu menurunkan lemak ekstra dalam tubuh. Satu jam dari permainan bola basket bias membantu membakar kalori sekira 700 sampai 750 kalori.

14. Meningkatkan Kekuatan Otak

Dibutuhkan tingkat konsentrasi yang baik untuk bisa bermain olahraga bola basket. Mata pemain harus focus pada bola yang bergerak cepat dari pemain ke pemain. Hal itulah yang akhirnya merangsang otak sehingga bias meningkatkan fungsi otak seseorang.

15. Membantu Kadar Hormon

Wanita muda yang menderita disfungsi hormone disarankan untuk bermain basket secara teratur.Peregangan dan melompat selama pertandingan menyebabkan otot perut menguat, dan menyetabilkan metabolism yang membantu dalam mengatur masalah hormonal wanita.

16. Membantu menghindari obesitas dan osteoporosis

Masalah seperti obesitas dan osteoporosis bisa dihindari dengan bermain basket.Hal itu karena basket tak hanya membangun daya tahan tubuh, tapi juga meningkatkan keseimbangan tubuh.

17. Baik untuk anak-anak

Olahraga basket merupakan pendorong yang sempurna untuk menjadikan anak muda terus sehat.Tak sebatas itu, bola basket juga menanamkan kepercayaan diri, dan membantu otot-otot di seluruh tubuh mereka.

18. Basket mengajarkan anak bersosialisasi

Permainan basket adalah permainan tim dan bukan permainan individu. Dasar dari bermain basket adalah mengoper bola. “Kita tidak bisa mengoper bola pada diri sendiri, kita harus memberikannya pada rekan satu tim,” ujar Stephen L. Metcalfe, yang akrab disapa Met, pendiri Karawaci Youth League Sports di Karawaci, Tangerang. “Ide keseluruhan dari permainan basket adalah bekerja sama untuk mencapai satu tujuan,” lanjut Met. Dengan bekerja sama dalam satu tim, anak-anak dapat membentuk rasa hormat pada rekan sepermainannya dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi mereka.

19. Basket untuk Perkembangan MentalBermain basket dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Saat anak berhasil memasukkan bola ke dalam keranjang, akan timbul kebanggaan dalam diri anak yang kemudian membuatnya lebih percaya diri. Selain itu, permainan basket juga akan meningkatkan kemampuan otak pada anak saat mereka berusaha memahami strategi permainan basket seperti offence (menyerang) dan defence (bertahan).

20. Basket untuk Bersenang-senang
Dimanapun mereka berada, mereka melakukan berbagai hal dengan kesenangan dan kegembiraan. Bermain bersama, mengembangkan strategi permainan dan membentuk ikatan antar teman sebaya pastinya akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi para remaja.

Related Posts

Manfaat dan Pengaruh Kesehatan dalam Berolahraga Basket
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar:

Tulis komentar