Sunday, September 16, 2018

Tips Travelling Hemat

1. Lihat Destinasi yang ingin kalian kunjungi, jauh atau tidak. Mahal atau tidak. Yaaa kalo harus pake pesawat berarti jauh dan mahal haha (tapi nanti bakal gue share nyari tiket pesawat yang murah).


2. Hitung-hitungan dulu budget kamu berapa, sama pengeluaran berapa. Jangan sampe pengeluaran kamu melebihi budget kamu, rugi dong wkwk (karena saya tipe orangnya gamau rugian).


3. Cari Promoan. Misalnya mau backpackeran sendiri atau pake travel. Kamu harus bandingin dulu travel yang satu dengan travel yang lain. Yang lebih murah yang mana, baru fix-in perjalananmu.
Punya temen yang punya travel sendiri juga jadi keuntungan buat kita, atau bokapnya yang punya travel. Kita bisalah sesekali minta harga teman haha (tapi jangan keseringan ya, tau diri juga).
Oiya, saran sih mending ikut yang open trip karena jauh lebih murah dibandingkan private trip. Open trip juga membawa kamu jadi lebih kenal siapa diri kamu dengan beradaptasi ke orang-orang baru dan lingkungan perjalanan baru. Jadi selain murah, kamu juga dapat teman baru hehe.
Kalo backpackeran sendiri, kamu harus tau dan baca artikel dulu tentang tujuan destinasi kamu untuk mencari hotel dengan harga murah tapi kualitas bagus. Dan kalo bisa transportasi jika ingin hemat, naik kendaraan umum atau menumpang dengan orang yang tujuannya sama (ini pengalaman pas lagi bener-bener gak ada duit sih).


4. Punya temen beda daerah dan beda negara. Untungnya punya temen beda daerah, kamu jika ingin berlibur kesana, bisa menghubungi dia dan bisa menumpang tidur semalam atau bahkan menebeng kendaraannya untuk minta antar. Jadi bisa menghemat penginapanmu disana, daripada harus booking hotel yakannn wkwk (pengalaman juga).


5. Nah dan untuk perjalanan yang jauh harus naik pesawat, jam-jam harga tiket murah biasanya jam 11an-1an malem, kalian juga harus booking tiket kalian maximal 3 minggu sebelum keberangkatan, karena semakin mepet pesannya harganya juga semakin mahal. Jadi harus jauh-jauh hari,dan lihat tanggal juga jangan yang pas lagi weekend/high season kalo bisa, karena jadi naik banget tiketnya.
Biasanya aplikasi yang aku pake adalah "pegi-pegi.com" karena disitu banyak promoan, dikolom promo. Kalian bisa pake kode promonya dan dapetin harga promonya sesuai persyaratan yang berlaku (ini bukan endorse) (emang saya orangnya gamau rugi banget soal liburan) wkwkwk.


6. Dan yang terakhir oleh-oleh. Mencari oleh-oleh ada juga tipsnya. Kalian bisa beli dipinggir jalan, atau pasar tradisionalnya jangan ditoko yang kaya minimarket, biasanya sih yang dipinggir jalan jauh lebih murah. Belinya juga jangan kebanyakan, yang nitip semua dibeliin. Beli seperlunya aja. Begitu boleh, tapi lihat juga sikon keuangan kamu. Jadi beli nih yang perkilo/banyakan, abis itu nanti dibagi-bagiin deh ke temen-temennya biar sama rata.
Kalo beli kaya Accesoris, bahasa bisa memurahkan harga, buat yang ke daerah jawa atau sunda, coba deh kalian ngomongnya pake bahasa itu dan coba untuk tawar harga paling drastis dulu, baru kalo gabusa harga tengah-tengahnya. (kadang saya suka gagal dalam menawar wkwk pengalaman sih hahah).



Sekian tips-tips travelling hemat ala gue, next blog gue bakal upload keindahan-keindahan alam yang udah pernah gue dapet selama perjalanan gue ini hehe thankyouuu :) Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Travelling Hemat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.